PENGARUH TEKHNIK PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN KELAS IV SDN GUGUS III KECAMATAN SANDUBAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SUTISTIASARI, GITA (2018) PENGARUH TEKHNIK PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN KELAS IV SDN GUGUS III KECAMATAN SANDUBAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode TGT (Teames Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SDN Segugus III Sandubaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Sandubaya, sedangkan sampelnya adalah SDN 44 Cakranegara sebagai kelas kontrol dan SDN 28 Cakranegara sebagai kelas eksperimen. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-= 21+ 21 -2 = 42 – 2 = 40. Dipeoleh thitung sebesar 2,932 sedangkan ttabel sebesar 2,021 pada taraf kepercayaan 95%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode TGT (Temes Games Tournament) dimulai dari guru membagi siswa secara berkelompok, membagikan amplop berisi lembar jawaban dan soal TGT (Teames Games Tournament), kemudian siswa membaca secara acak nomor pertanyaan TGT (Teames Games Tournament), selanjutnya siswa membacakan pertanyaan, dan siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan nomor soal yang dibacakan oleh siswa dari kelompok lain, selanjutnya apabila jawaban siswa benar, maka siswa mendapat poin seratus dan memberikan tepuk tanagn bagi setiap kelompok yang menjawab benar dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Sandubaya Tahun Pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode TGT (Teames Games Tournament), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Feb 2018 06:56
Last Modified: 24 Feb 2018 06:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item View Item