PENGARUH METODE RECIPROCAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V SDN 1 BENGKEL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

YANTI, LALE SUMAINI DEWI (2020) PENGARUH METODE RECIPROCAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V SDN 1 BENGKEL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lale Sumaini Dewi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Reciprocal Learning terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas V SDN 1 Bengkel tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Bengkel. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 23 siswa dan kelas VB sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 22 siswa. Pada kelompok eksperimen pembelajaran menggunakan metode Reciprocal Learning, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dari uji normalitas untuk pretes dan posttes lebih besar dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data pretes dan posttes sebesar 0.33 dan 0.07 dimana hasil tersebut lebih besar dari 0.05 yang menyatakan bahwa data tersebut homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh hasil Thitung sebesar 5.268 dan Ttabel 0.680, oleh karena Thitung> Ttabel (Ho di tolak dan Ha diterima). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Reciprocal Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas V SDN 1 Bengkel Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Reciprocal Learning, Kemampuan Membaca Puisi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 00:58
Last Modified: 18 Feb 2020 00:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15396

Actions (login required)

View Item View Item