PENDUGAAN NILAI KARBON YANG TERSIMPAN PADA TEGAKAN MANGROVE DI KAWASAN EKOWISATA HUTAN MANGROVE BAGEK KEMBAR SEKOTONG LOMBOK BARAT

ATHIFAH, ATHIFAH (2020) PENDUGAAN NILAI KARBON YANG TERSIMPAN PADA TEGAKAN MANGROVE DI KAWASAN EKOWISATA HUTAN MANGROVE BAGEK KEMBAR SEKOTONG LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Athifah (G1A015003) skripsi-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman, kerapatan dan nilai karbon yang tersimpan di kawasan hutan mangrove Bagek Kembar Sekotong Lombok Barat. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-Oktober 2019. Pengambilan data menggunakan metode plot ganda berukuran 10m x 10m, 5m x 5m dan 2m x2m dengan tehnik random sampling, untuk data biomassa yang tersimpan digunakan metode non destructive menggunakan persamaan allometrik yang selanjutnya dikalikan 46% untuk mendapatkan nilai simpanan karbon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kawasan ekowisata hutan mangrove Bagek Kembar ditemukan 10 spesies mangrove, yakni Avicennia marina, Avicennia alba, Aegiceras floridum, Ceriops decandra, Exoecaria agalloca, Lumnitzera racemosa, Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, Rhizophora mucronata dan Sonneratia alba. Kerapatan mangrove pada kawasan ini tergolong baik dengan nilai kerapatan 0,153 ind/m2 dengan jumlah individu sebanyak 256 pada kawasan mangrove alami dan 8,84 ind/m2 dengan jumlah individu sebanyak 1256 pada kawasan mangrove rehabilitasi. Nilai simpanan karbon didapatkan sebesar 322,176 tonC/Ha pada kawasan mangrove alami dan 115,082 tonC/Ha pada mangrove rehabilitasi, dimana nilai ini dipengaruhi oleh jumlah individu, biomassa, diameter, jenis mangrove dan aktivitas masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kawasan Hutan Mangrove Bagek Kembar, non destructive, simpanan karbon.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 00:58
Last Modified: 18 Feb 2020 00:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15401

Actions (login required)

View Item View Item