ANALISIS HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SOSIAL EKONOMI DENGAN MOTIVASI BETERNAK PASCA GEMPA DALAM PENGEMBANGAN USAHA TERNAKSAPI POTONG DI KECAMATAN GANGGA

RAHMAH, ANA ELA (2020) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SOSIAL EKONOMI DENGAN MOTIVASI BETERNAK PASCA GEMPA DALAM PENGEMBANGAN USAHA TERNAKSAPI POTONG DI KECAMATAN GANGGA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui motivasi peternak dalam beternak sapi potong pasca gempa di kabupaten Lombok utara (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan motivasi peternak dalam beternak sapi potong pasca gempa di kabupaten Lombok utara. Responden dalam penelitian ini adalah 92 peternak, dengan membuat kuesioner dan mewawancarai 92 peternak sebagai sampel yang di tetapkan secara Proportional Random Sampling. Variable yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : (1) Motivasi beternak terdiri dari: pola usaha (2) aspek karakteristik, terdiri dari (a) umur, (b) tingkat pendidikan, (c) pengalaman beternak, (d) jumlah tanggungan keluarga, (3) aspek sosial ekonomi terdiri dari (a) jumlah ternak, (b) modal, (c) pendapatan peternak, (d) keterampilan beternak, dan (e) intensitas komunikasi antar peternak, (4) aspek eksternal yaitu, (a) ketersediaan bibit, (b) ketersediaan pakan, (c) harga jual ternak, (d) ketersediaan pejantan & perkawinan ternak. Untuk mengetahui hubungan antara faktor sosial ekonomi dengan motivasi beternak dilakukan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peternak yang beternak sebagai usaha pokoknya adalah 21,8% dan peternak yang beternak sebagai usaha sampingannya adalah 78,2%. (2) faktor sosial ekonomi yang memiliki hubungan dengan motivasi beternak adalah jumlah tanggungan keluarga dan jumlah ternak (P<0,05) sedangkan aspek yang lainnya tidak memiliki hubungan yang nyata dengan motivasi beternak ( P>0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sosial Ekonomi, Motivasi, Peternak
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 00:58
Last Modified: 18 Feb 2020 00:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15402

Actions (login required)

View Item View Item