KONSTRUKSI SOSIAL BEGAWE MERARIK (Kasus Prosesi Pesta Pernikahan Suku Sasak di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah)

eptina, Aulia (2020) KONSTRUKSI SOSIAL BEGAWE MERARIK (Kasus Prosesi Pesta Pernikahan Suku Sasak di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Konstruksi Sosial Begawe Merarik (Kasus Prosesi Pernikahan Suku Sasak di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah) ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana proses pelaksanaan acara begawe merarik masyarakat Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah dan Bagaimana konstruksi sosial begawe merarik masyarakat Sasak (masyarakat Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah) Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Alat pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan dokumentasi.analisis menggunakan teori konstruksi sosial dari Petter L Berger dan Luckman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa begawe merarik mempunyai proses adat yang panjang yaitu: merarik, sejati, selabar, akad nikah, rebak pucuk, begawe merarik, nyongkolan, dan sorong serah. Masyarakat Desa Sengkerang mengkonstruksikan begawe merarik sebagai, begawe merarik merupakan tradisi Suku Sasak di Desa Sengkerang merupakan hajatan yang bersifat sakral untuk masyarakatnya sehingga diangga penting yang tidak bisa di tinggalkan. Kedua, begawe merarik juga merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena karena ada yang membangun keluarga baru. Ketiga, mempererat tali silaturrahmi, dan Keempat, wahana saling bantu atau gotong royong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): konstruksi sosial, begawe merarik,
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Feb 2020 00:52
Last Modified: 19 Feb 2020 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15412

Actions (login required)

View Item View Item