Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan LKPD Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Sosiologi di SMAN 1 Lembar.

Fikriansah, Muhammad (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan LKPD Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Sosiologi di SMAN 1 Lembar. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI _compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT berbantu an LKPD terhadap aktivitas dan hasil belajar Sosiologi. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Experiment dengan desain pretest posttes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X IPS di SMAN 1 Lembar, yang terdiri dari tiga kelas dan diambil sebagai sampel sebanyak dua kelas yaitu, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan 10 sub indikator dan instrumen tes pilihan ganda 25 soal yang memenuhi validitas reliabilitas. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t menunjukan bahwa thitung aktivitas belajar sebesar (2,116) dan hasil belajar (2,481) > ttabel (2,021). Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran NHT berbantuan LKPD terhadap aktivitas dan hasil belajar Sosiologi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): NHT, LKPD, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Feb 2020 00:52
Last Modified: 19 Feb 2020 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15420

Actions (login required)

View Item View Item