Pengembangan Permainan Edukatif Diabetes Mellitus dalam Peningkatan Kepatuhan Pasien terhadap Terapi

Firdausy, Muhammad Sultan Ardhi Pratama (2020) Pengembangan Permainan Edukatif Diabetes Mellitus dalam Peningkatan Kepatuhan Pasien terhadap Terapi. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Publikasi Muhammad Sultan Ardhi Pratama Firdausy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Diabetes mellitus merupakan kelainan metabolik kronis yang ditandai dengan meningkatnya level gula darah diatas normal. Penyakit ini pada awalnya belum menimbulkan manifestasi klinis yang signifikan, namun seiring berjalannya waktu keadaan hiperglikemia ini dapat menimbulkan komplikasi. Komplikasi yang terjadi dapat berupa komplikasi makrovaskuler dan mikrovaskuler. Penggunaan permainan untuk edukasi pasien terhadap penyakitnya dapat mencegah terjadinya komplikasi. Beberapa alat permainan kemudian dikembangkan secara khusus sebagai media edukasi untuk pasien diabetes, sekaligus juga sebagai sarana intervensi psikologis Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototype boardgame diabetes mellitus sebagai sarana peningkatan pengetahuan pasien sehingga meningkatkan kepatuhan terhadap terapi. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian semi kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode penelitian dan pengembangan. Metode ini adalah metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Tahapan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Tahap perancangan board game Diabetes Mellitus, (2) Tahap pembuatan prototipe board game Diabetes Mellitus, (3) Tahap playtest atau uji permainan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Purposeful sampling approach dengan sampel berjumlah 40 orang. Penelitian ini berlangsung pada bulan Maret hingga November 2019 di Klinik Asy-Syifa yang merupakan cakupan dari Puskesmas Tanjung Karang, Kota Mataram.. Hasil: Telah dikembangkan permainan berjudul Diabeat! dengan media permainan kartu dan atau permainan papan. Mekanika permainan yang digunakan adalah card drawing, hand management, pick up and deliver, dan set collecting yang terbagi dalam fase kontrol dan fase istirahat. Pada evaluasi uji permaianan, dari 40 responden, sebanyak 2 (5%) orang memberi penilaian cukup, 11 (27,5%) memberi penilaian baik dan 27 (67,5) memberi penilaian sangan baik, dengan presentase sebesar 85,46% dari total yang diharapkan. Simpulan: Dalam penelitian ini berhasil dikembangkan permainan papan berjudul Diabeat! dengan tujuan untuk menghasilkan suatu permainan yang menarik dan edukatif bagi pasien diabetes mellitus mengenai komplikasi yang dapat terjadi apabila tidak dikontrol dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Diabetes Mellitus, Papan Permainan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Feb 2020 00:51
Last Modified: 19 Feb 2020 00:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15433

Actions (login required)

View Item View Item