PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS MUALLIMAT NW PANCOR TAHUN AJARAN 2019/2020

SITI, NURMINA (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS MUALLIMAT NW PANCOR TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis keterampilan abad 21 terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Muallimat NW Pancor Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Muallimat NW Pancor tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, didapatkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan siswa kelas VII-B, kelas VII-A sebagai kelas kontrol digunakan pembelajaran konvensional dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen digunakan pembelajaran matematika realistik berbasis keterampilan abad 21. Hasil belajar matematika siswa diperoleh melalui tes akhir (posttest). Instrumen penelitian yang digunakan sebagai tes sebanyak 4 butir soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran matematika realistik berbasis keterampilan abad 21 terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Muallimat NW Pancor Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Feb 2020 00:51
Last Modified: 19 Feb 2020 00:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15434

Actions (login required)

View Item View Item