SITI, NURMINA (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS MUALLIMAT NW PANCOR TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis keterampilan abad 21 terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Muallimat NW Pancor Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Muallimat NW Pancor tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, didapatkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan siswa kelas VII-B, kelas VII-A sebagai kelas kontrol digunakan pembelajaran konvensional dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen digunakan pembelajaran matematika realistik berbasis keterampilan abad 21. Hasil belajar matematika siswa diperoleh melalui tes akhir (posttest). Instrumen penelitian yang digunakan sebagai tes sebanyak 4 butir soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran matematika realistik berbasis keterampilan abad 21 terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Muallimat NW Pancor Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 19 Feb 2020 00:51 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 00:51 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15434 |
Actions (login required)
View Item |