PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BATULAYAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NINIK, RAHMAWATI (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BATULAYAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa SMPN 1 Batulayar tahun pelajaran 2019/2020. Pendekatan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Batulayar tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan pengumpulan data dengan cara melakukan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t untuk mengetahui pengaruh penerapan mmetode pembelajaran tutor sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Batulayar tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan analisis data diperoleh nila thitung lebih besar dari nilai ttabel sehingga rata – rata prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi dibanding dengan menggunakan metode expositori. Hal tersebut mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMPN 1 Batulayar tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Pembelajaran, Tutor Sebaya, Prestasi, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Feb 2020 00:51
Last Modified: 19 Feb 2020 00:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15435

Actions (login required)

View Item View Item