HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN GUGUS 5 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2019/2020

Misnawati, Misnawati (2020) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN GUGUS 5 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman peserta didik, mendeskripsikan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik dan mengetahui hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Gugus 5 Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional, metode korelasional ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Sampel pada penelitian ini berjumlah 63 peserta didik yang tersebar di empat sekolah dasar dengan teknik Proportionate Random Sampling, yakni pengambilan sampel yang digunakan bila populasi mempunyai anngota/unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsional. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif kemampuan membaca pemahaman dan dokumentasi hasil belajar bahasa Indonesia. Hasil identifikasi kemampuan membaca pemahaman menunjukkan pada kategori “baik”, sedangkan hasil identifikasi hasil belajar menunjukkan pada kategori “sedang”. Uji hipotesis penelitian ini digunakan rumus product moment. Hasil analisis data menunjukkan rhitung = 0,597 ≥ rtabel = 0,244 dengan N = 63 pada taraf signifikan 5% (0,05), sehingga dapat disimpulkan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Hasil Belajar bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Gugus 5 Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020” diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan membaca pemahaman, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Feb 2020 09:04
Last Modified: 21 Feb 2020 09:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15448

Actions (login required)

View Item View Item