PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR (CERGAM) TERHADAPKETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II GUGUS 1 DAREK, KECAMATAN PRAYA BARAT DAYA TAHUN AJARAN 2019/2020

Dian, Wismala (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR (CERGAM) TERHADAPKETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II GUGUS 1 DAREK, KECAMATAN PRAYA BARAT DAYA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media cerita bergambar (CERGAM) terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas II di SDN Gugus 1 Darek Kecamatan Praya Barat Daya tahun 2019/2020. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Gugus 1 Darek Kecamatan Praya Barat Daya, sedangkan sampelnya adalah kelas II SDN 1 Darek sebagai kelas eksperimen dan kelas II SDN 2 Darek sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Data keterampilan membaca dianalisis menggunakan uji-t. Diperoleh t_hitungsebesar 2,326 sedangkan t_tabelsebesar 1,689. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa t_hitunglebih besar dari t_tabelsehingga dapat disimpulkan bahwa H_aditerima dan H_0ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara media cerita bergambar (CERGAM) dengan keterampilan membaca peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Cerita Bergambar (CERGAM),Keterampilan Membaca.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Feb 2020 09:04
Last Modified: 21 Feb 2020 09:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15452

Actions (login required)

View Item View Item