KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN POST ORGANIZER

Arini, Rizqa (2020) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN POST ORGANIZER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DESY fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan bertujuan mendidik individu yang dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemecahan masalah dapat dilatih dengan membiasakan peserta didik menyelesaikan sebanyak mungkin masalah melalui penerapan model pembelajaran yang tepat di kelas. Penelitian ini dirancang untuk mengintegrasikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan post organizer dalam rangka meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan post organizer terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Gerung dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI MIPA tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Perlakuan diberikan dalam 3x pertemuan dengan alokasi waktu 2x45 menit per pertemuan. Indikator pemecahan masalah yang dinilai adalah useful description, specific application of physics, dan mathematical procedures. Uji hipotesis menggunakan uji-t dua pihak dengan rumus t-test polled varians pada taraf signifikansi 5%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan post organizer terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Inkuiri terbimbing, post organizer, kemampuan pemecahan masalah fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Feb 2020 09:04
Last Modified: 21 Feb 2020 09:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15460

Actions (login required)

View Item View Item