ANALISIS KEBUTUHAN ALAT PERMAINAN EDUKASI UNTUK DETEKSI DAN PROMOSI KESEHATAN MENTAL REMAJA PADA ANAK TKW DI DESA WANASABA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Ajeng Hardanti, Novitasari (2019) ANALISIS KEBUTUHAN ALAT PERMAINAN EDUKASI UNTUK DETEKSI DAN PROMOSI KESEHATAN MENTAL REMAJA PADA ANAK TKW DI DESA WANASABA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
[KTI] AJENG HARDANTI NOVITASARI - H1A016003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Prevalensi gangguan mental emosional pada remaja usia > 15 tahun berdasarkan Riskedas tahun 2018 meningkat sebesar 9,8% dari data tahun 2013. Kesehatan mental pada remaja dikaitkan dengan penyebab multifaktorial salah satunya kehilangan dukungan keluarga terutama ibu. Tingginya jumlah Tenaga Kerja Wanita (TKW) dari Lombok Timur menyebabkan remaja yang tidak mendapatkan perhatian seorang ibu selama masa perkembangan rentan mengalami masalah kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan alat permainan edukasi untuk deteksi sekaligus promosi kesehatan mental remaja, khususnya pada anak TKW di Kabupaten Lombok Timur. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods. Pendekatan kuantitatif yang digunakan berupa deskriptif analitik dengan menggunakan kuesioner MHI (Mental Health Inventory) yang dianalisis dengan uji chi-square. Penelitian dilanjutkan dengan pendekatan kualitatif menggunakan teknik FGD (Focus Group Discussion) dalam pengambilan datanya. Hasil: Tingkat kesehatan mental responden berdasarkan hasil kuesoner MHI yaitu 57.7% baik dan 42.3% cukup. Terdapat hubungan bermakna antara kelompok usia responden dengan tingkat kesehatan mental (p = 0.018), sedangkan faktor sosiodemografi lainnya seperti jenis kelamin dan tingkat pendidikan responden tidak berhubungan bermakna dengan hasil MHI (p = 0.951 dan 0.058). Pada FGD didapatkan seluruh responden (100%) berpendapat perlunya media untuk edukasi dan deteksi kesehatan mental remaja. Sebagian besar responden (88%) lebih menyukai bila alat permainan edukasi dirupakan boardgame atau cardgame. Simpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kebutuhan alat permainan edukasi sebagai media deteksi dan promosi untuk meningkatkan pengetahuan responden tentang kesehatan mental remaja dalam bentuk boardgame/cardgame. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat Permainan Edukasi, Kesehatan Mental, Remaja, TKW (Tenaga Kerja Wanita), MHI (Mental Health Inventory).
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Feb 2020 09:03
Last Modified: 21 Feb 2020 09:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15468

Actions (login required)

View Item View Item