PENGARUH DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR NPK PHONSKA SEBAGAI NUTRISI TAMBAHAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

Fathoni, Nurul (2020) PENGARUH DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR NPK PHONSKA SEBAGAI NUTRISI TAMBAHAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) merupakan salah satu komoditas hortikultura, mempunyai rasa yang unik, yaitu perpaduan rasa manis dan asam menjadikan tomat sebagai salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Buah tomat dapat dinikmati dalam berbagai bentuk. Tomat segar dapat dijadikan sebagai sayuran, jus atau semacam bumbu masak. Buah tomat juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku industri, misalnya tomat segar dapat diolah menjadi saus dan bahan obat-obatan. Permintaan pasar terhadap komoditas tomat dari tahun ke tahun semakin meningkat. Oleh sebab itu peluang bisnis buah tomat masih terbuka lebar karena pasokan kebutuhan dari tahun ke tahun belum mencukupi, baik untuk memenuhi konsumen domestik maupun mancanegara. Buah tomat yang umum ada di pasaran adalah jenis tomat yang memiliki banyak biji. Namun dalam pengolahannya untuk bahan makanan, seperti saus, biji ini dibuang. Apabila tomat yang menjadi bahan baku saus mengandung sedikit biji, maka pengolahan akan menjadi lebih efisien. Penelitian ini dilaksanakan di Kampung Baru Gubuk Daya, Kelurahan Kelayu Utara Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini berlangsung dari bulan Maret 2019 sampai bulan Juni 2019. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan percobaan di lapangan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan dosis yang diulang sebanyak 3 kali. Jenis pupuk yang digunakan yaitu pupuk organik cair NPK Phonska. Data hasil pecobaan dianalisis menggunakan analisis of varians (ANOVA) pada taraf nyata 5%, kemudian dilakukan uji lanjut dengan menggunakan BNT untuk mengetahui perlakuan yang berbeda nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian dosis pupuk organik cair NPK Phonska berpengaruh nyata terhadap variabel pertumbuhan tanaman, yaitu laju penambahan tinggi tanaman, laju penambahan diameter batang dan hasil tanaman tomat, yaitu jumlah buah per tanaman, jumlah buah per petak, bobot buah per tanaman, bobot buah per petak dan jumlah biji per buah. Pemberian dosis pupuk organik cair NPK Phonska tidak berpengaruh nyata terhadap laju penambahan jumlah daun, umur berbunga, umur berbuah, dan umur panen pada tanaman tomat. Perlakuan pemberian dosis 150 cc/tanaman memberikan pengaruh terbaik terhadap variabel pertumbuhan dan perlakuan dosis 200 cc/tanaman memberikan pengaruh terbaik terhadap variabel hasil buah tomat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pertanian, pupuk organik, pupuk majemuk makro
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Feb 2020 09:03
Last Modified: 21 Feb 2020 09:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15469

Actions (login required)

View Item View Item