ANALISIS IMPLIKATUR DAN PELANGGARAN PRINSIP KERJASAMA DALAM TEKS PERCAKAPAN MEME KOMIK DI SOSIAL MEDIA FACEBOOK DAN INSTAGRAM

KEMAS OMI, ANDRIAN (2020) ANALISIS IMPLIKATUR DAN PELANGGARAN PRINSIP KERJASAMA DALAM TEKS PERCAKAPAN MEME KOMIK DI SOSIAL MEDIA FACEBOOK DAN INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL KEMAS OMI ANDRIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) implikatur dalam percakapan meme pada media sosial facebook dan Instagram, dan (2) pelanggaran prinsip kerjasama dalam percakapan meme pada media sosial facebook dan Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini berupa implikatur dan pelanggaran prinsip kerjasama yang terdapat dalam percakapan meme komik di sosial media facebook dan instagram. Data penelitian ini adalah seluruh dialog berupa kata, kelompok kata, dan kalimat yang mengandung implikatur dan pelanggaran prinsip kerja sama yang terdapat dalam percakapan meme komik di sosial media facebook dan instagram. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan metode metode studi pustaka dan dokumentasi dengan teknik dasar berupa teknik catat. Analisis data menggunakan metode padan intralingual dan metode padan ekstralingual dengan menggunakan teknik lanjutan teknik hubung banding menyamakan (HBS) hubung banding membedakan (HBB), dan hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP). Penelitian ini menggunakan metode informal dalam penyajian hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya dua jenis implikatur yaitu, 1) Implikatur konvensional, 2) Implikatur Percakapan Khusus dan empat jenis pelanggaran prinsip kerja sama yaitu, 1) pelanggaran maksim kuantitas, 2) pelanggaran maksim kualitas, 3) pelanggaran maksim relevansi/hubungan, dan 4) pelanggaran maksim cara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : implikatur, prinsip kerjasama, pelanggaran prinsip kerjasama, meme, meme comic.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Feb 2020 09:02
Last Modified: 21 Feb 2020 09:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15487

Actions (login required)

View Item View Item