EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen di TK Mutiara Hati)

Nur Adni Fadilah, Putri (2020) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen di TK Mutiara Hati). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)

Abstract

Kemampuan menyimak di dapat dari ketertarikan anak akan suatu kosa kata yang didengar dan dilihatnya melalui pemanfaatan penggunaan media audio visual. Dalam kenyataannya penggunaan media audio visual masih kurang diterapkan, ditemukan data observasi awal pada lembaga PAUD yang ada di Gugus 3 wilayah Kota Mataram hanya 3 dari 7 lembaga yang menggunakan media audio visual, setara dengan 42,85%. Dapat dirumuskan masalah penelitian ini apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Hati tahun ajaran 2017/2018?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Hati tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif komperatif dengan pendekatan eksperimen. Desain dalam penelitian ini menggunakan teknik Posttest-Only Control Design, dengan melakukan pengukuran pre-test (sebelum diberi perlakuan) dan post-test (setelah diberi perlakuan) penggunaan media audio visual. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B2 yang berjumlah 11 orang anak. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data ialah menggunakan analisis Regresi Linear Sederhana. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan secara parsial ditemukan hasil Y = 30,478 – 1,082X1 dan ditemukan bahwa hasil dari nilai r ialah 0,811. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Hati tahun ajaran 2017/2018 sebesar 0,811 atau setara dengan 81,1%. Sehingga media audio visual diperlukan untuk mengembangkan kemampuan menyimak anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan Menyimak, Media Audio Visual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Feb 2020 09:02
Last Modified: 21 Feb 2020 09:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15488

Actions (login required)

View Item View Item