PENGARUH KEMANDIRIAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI MA NEGERI 2 MODEL MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

SABIAN, MUHAMAD IEUAN (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI MA NEGERI 2 MODEL MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MA Negeri 2 Model Mataram tahun ajaran 2019/2020; (2) mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MA Negeri 2 Model Mataram tahun ajaran 2019/2020; (3) mengetahui seberapa besar pengaruh kemandirian dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MA Negeri 2 Model Mataram tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal komparatif (ex post facto) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kusioner) dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan: (a) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MA Negeri 2 Model Mataram Tahun Ajaran 2019/2020 dengan kotribusi sebesar 14,3%; (b) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MA Negeri 2 Model Mataram Tahun Ajaran 2019/2020 dengan kotribusi sebesar 8,2%; (c) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MA Negeri 2 Model Mataram Tahun Ajaran 2019/2020 dengan kotribusi sebesar 17,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemandirian belajar, lingkungan belajar, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Mar 2020 00:10
Last Modified: 02 Mar 2020 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15513

Actions (login required)

View Item View Item