RELOKASI HIPOSENTER GEMPABUMI PERIODE JULI-AGUSTUS 2018 DENGAN MENGGUNAKAN METODE DOUBLE-DIFFERENCE (DD) DI NUSA TENGGARA BARAT

OKTAVIANI, INA (2020) RELOKASI HIPOSENTER GEMPABUMI PERIODE JULI-AGUSTUS 2018 DENGAN MENGGUNAKAN METODE DOUBLE-DIFFERENCE (DD) DI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INA OKTAVIANI NIM. C1K015031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Gempabumi yang terjadi pada bulan Juli-Agustus 2018 di Nusa Tenggara Barat (NTB) menyebabkan banyaknya korban jiwa dan rusaknya bangunan. Oleh karena itu, diperlukanlah tindakan mitigasi bencana gempabumi. Penentuan hiposenter secara akurat merupakan salah satu langkah awal dalam tindakan dalam mitigasi bencana gempabumi di daerah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas posisi hiposenter gempabumi sebelum relokasi dan sesudah direlokasi menggunakan metode Double- Difference dan untuk mengetahui besar pegeseran posisi hiposenter gempabumi setelah dilakukan relokasi. Hasil dari penelitian ini adalah posisi hiposenter gempabumi sesudah relokasi menunjukkan kualitas keakuratan yanng lebih tinggi daripada posisi gempabumi sebelum relokasi. Hal tersebut ditandai dengan jumlah gempabumi yang memiliki nilai residual nol sesudah relokasi sebanyak 1.6191 gempabumi sedangkan jumlah data gempabumi yang memiliki nilai residual nol sebelum relokasi sebanyak 228 gempabumi, sehingga menunjukkan bahwa posisi hiposenter gempabumi setelah relokasi lebih akurat daripada sebelum relokasi. Besar pergeseran posisi hiposenter gempabumi setelah di relokasi didominasi dengan pergeseran kurang dari 10 km, dengan persebaran posisi terbanyak ke arah Barat Laut (130°-150°) dan ke arah Barat Daya (230°-250°). Persebaran posisi hiposenter gempabumi paling sedikit ke arah Timur (30°) dan rentang pergeseran kedalaman gempabumi adalah 0,0- 47,38 km.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kualitas warna, pertumbuhan, Xyphoporus helleri
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Mar 2020 00:09
Last Modified: 02 Mar 2020 00:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15519

Actions (login required)

View Item View Item