PROSEDUR PENYELESAIAN PELANGGARAN LALU LINTAS KENDARAAN BERMOTOR DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN

SASAKA, RODIEN GALANG MUSLIM (2020) PROSEDUR PENYELESAIAN PELANGGARAN LALU LINTAS KENDARAAN BERMOTOR DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RODIEN GALANG MUSLIM SASAKA (D1A014291).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab masyarakat melakukan pelanggaran lalu lintas dan upaya yang dilakukan untuk mengatasinya, juga untuk mengetahui prosedur penyelesaian pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Kecamatan Ampenan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris dengan penelitian terhadap identifikasi hukum dan penelitian terhadap efektifitas hukum. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor utama penyebab terjadinya pelanggaran lalu lintas adalah karena faktor manusia, baik itu yang berkaitan dengan mental, pengetahuan, maupun keterampilan. Upaya yang dapat dilakukan terhadap perilaku melanggar aturan lalu lintas adalah dengan menggunakan metode pre-emptif yakni mengeliminir dampak negatif dengan membudayakan disiplin dalam berlalu lintas melalui pendidikan dan pelatihan, metode preventif yakni upaya pencegahan nyata untuk menekan perilaku pelanggaran lalu lintas seperti pengamanan lokasi tertentu oleh petugas kepolisian, dan metode represif yakni pemberian sanksi atas perbuatan melanggar aturan lalu lintas. Dalam prakteknya prosedur penyelesaian pelanggaran lalu lintas masih belum dilaksanakan sebagaimana mestinya, baik oleh masyarakat sebagai pelanggar aturan, maupun oknum kepolisian sebagai aparat penegak hukum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prosedur, Pelanggaran Lalu Lintas, Kendaraan Bermotor
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Mar 2020 00:09
Last Modified: 02 Mar 2020 00:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15521

Actions (login required)

View Item View Item