POLA PENYELESAIAAN SENGKETA GADAI TANAH DILUAR PENGADILAN (Studi di Desa Rembitan Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah)

JUNAIDI, JUNAIDI (2020) POLA PENYELESAIAAN SENGKETA GADAI TANAH DILUAR PENGADILAN (Studi di Desa Rembitan Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan warga masyarakat melakukan penyelesaian sengketa gadai tanah diluar pengadilan serta pola dan kendala penyelesaian sengketa diluar pengadilan di Desa Rembitan Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Manfaat dari penelitian ini terdiri dari manfaat teoritis dan manfaat praktis dan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum empiris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecendrungan warga masyarakat menyelesaikan sengketa diluar diluar pengadilan karena lembaga tradisional lebih akomodatif dalam penyelesaian suatu sengketa. pola penyelesaian sengketa gadai tanah di Desa Rambitan dapat dilakukan dengan berbagai tahapan yakni: tahap pengaduan, pemanggilan para pihak dan musyawarah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penyelesaian sengketa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Mar 2020 00:09
Last Modified: 02 Mar 2020 00:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15522

Actions (login required)

View Item View Item