POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN TUNGAU HAMA (Tetranychus sp.) PADA TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) YANG BERASOSIASI DENGAN TANAMAN REFUGIA

Rhamli, Aufik (2020) POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN TUNGAU HAMA (Tetranychus sp.) PADA TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) YANG BERASOSIASI DENGAN TANAMAN REFUGIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi lengkap aufik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman umbi sumber karbohidrat utama setelah gandum, jagung dan beras. Beberapa negara di dunia menjadikan kentang sebagai makanan pokok, sedangkan di Indonesia masih dijadikan sebagai sayuran maupun bahan makanan olahan. Sejak tahun 2002-2012 terdapat peningkatan konsumsi kentang rumah tangga sebesar 1,76%, menunjukan adanya permintaan kentang yang tinggi di Indinesia. Permintaan yang tinggi mengharuskan pemerintah untuk mengembangkan kentang di beberapa wilayah Indonesia termasuk di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pengembangan tanaman Kentang di Provinsi NTB telah mencapai produksi yang cukup tinggi yaitu 7.734 ton pada tahun 2016. Namun, dalam pengembanganya tidak luput dari gangguan organisme pengganggu tanaman (OPT) seperti tungau hama Tetranychus sp.. Tetranychus sp. adalah tungau hama dari family Tetranychidae yang bersifat polifag dan menyerang sekitar 1.200 jenis tanaman termasuk didalamnya adalah tanaman kentang. Serangan Tetranychus sp. dapat menyebabkan kehilangan hasil hingga 54% dan kerugian secara ekonomi bagi petani. Berdasarkan hal tersebut, Populasi dan intensitas serangan tungau hama Tetranychus sp. dapat dikendalikan dengan beberapa teknik pengendalian, salah satunya adalah pengendalian hayati dengan memanfaatkan tanaman refugia. Tanaman refugia adalah beberapa jenis tumbuhan pinggir yang dapat menyediakan mikrohabitat (tempat perlindungan, dan sumber pakan) bagi musuh alami seperti predator dan parasitoid. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa jenis tanaman hias yang berfungsi sebagai refugia antara lain bunga matahari (Helianthus annuus), marigold (Tagetes erecta L.), dan bunga yang lain. Madu dan nektar dari bunga menjadi sumber pakan bagi serangga predator, selain itu serangga predator juga dapat memangsa tungau hama yang menjadikan tanaman refugia sebagai inang alternatif. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui populasi dan instensitas serangan tungau hama Tetranychus sp. pada tanaman kentang yang berasosiasi dengan tanaman refugia telah dilakukan pada bulan Mei- Agustus 2019 di desa Sembalun Lawang, kecamatan Sembalun, kabupaten Lombok Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): tanaman kentang, tanaman refugia
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:26
Last Modified: 03 Mar 2020 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15528

Actions (login required)

View Item View Item