HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA REMAJA ANAK TKW DI DESA WANASABA KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Al-Adabiyah, Nurfadhilah (2020) HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA REMAJA ANAK TKW DI DESA WANASABA KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI Nurfadhilah Al-Adabiyah Yang Baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang: Remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Berbagai macam perubahan dan tekanan yang dirasakan remaja dapat mempengaruhi kesehatan mental remaja. Bila seorang remaja dapat melaluinya maka dia akan survive, tetapi ketika dia tidak dapat melaluinya dengan baik maka dia dapat mengalami depresi. Peran seorang ibu sangat dibutuhkan untuk mendampingi remaja dalam melalui masa peralihan ini. Namun karena faktor ekonomi, ibu juga membantu mencari nafkah untuk dapat memenuhi kebutuhan keluarga yang dirasa masih kurang, salah satunya dengan menjadi TKW. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh dengan tingkat depresi pada remaja anak TKW di Desa Wanasaba Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. Metode: Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional pada remaja anak TKW yang pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan sampel diminta untuk mengisi kuesioner penilaian pola asuh (PAQ) dan tingkat depresi (BDI-II). Hasil: Dari 51 responden, sebagian besar pola asuh merupakan jenis pola asuh authoritative 32 (62,7%) dan tingkat depresi termasuk dalam kategori minimal 28 (54,9%). Analisis data menggunakan uji Pearson Chi Square didapatkan (p) = 0,685.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Depresi, TKW, Pola asuh, PAQ, BDI-II.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Mar 2020 08:52
Last Modified: 11 Mar 2020 08:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15535

Actions (login required)

View Item View Item