EVALUSASI KERUSAKAN BANGUNAN MASJID AL- MUJAHIDDIN TANJUNG PERMAI AKIBAT GEMPA LOMBOK 2018 DAN ALTERNATIF PERBAIKANNYA (Evaluation Of The Damage To The Building Of The Al-Mujahiddin Mosque, Tanjung Permai Due To The 2018 Lombok Earthquake And Alternative Repairs)

RAMZANI, HARFI GITA (2020) EVALUSASI KERUSAKAN BANGUNAN MASJID AL- MUJAHIDDIN TANJUNG PERMAI AKIBAT GEMPA LOMBOK 2018 DAN ALTERNATIF PERBAIKANNYA (Evaluation Of The Damage To The Building Of The Al-Mujahiddin Mosque, Tanjung Permai Due To The 2018 Lombok Earthquake And Alternative Repairs). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN SKRIPSI (F1A 013058).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Gempa bumi yang terjadi di NTB tahun 2018 menimbulkan banyaknya korban jiwa dan fasilitas umum rusak. Salah satu bangunan yang mengalami kerusakan adalah bangunan masjid Al-mujahiddin yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Permai Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Masjid ini terdiri dari 2 (dua) lantai dengan atap plat dak sebagai lantai atas (rooftop). Kerusakan terjadi pada tiap lantai, yang mana kerusakan struktural portal bangunan terparah terdapat pada lantai 2 (dua) dan kerusakan non struktural portal bangunan terparah terdapat pada lantai atas (rooftop) yang meliputi kubah dan menara. Kerusakan pada struktur kubah dan menara mengurangi nilai estetika dari masjid, mengingat kedua komponen ini merupakan sentral dari keberadaan masjid. Tujuan utama penelitian ini dititikberatkan pada pereduksian beban aksial pada struktur portal bangunan dan peningkatan nilai estetika masjid. Penelitian ini didahului dengan melakukan observasi lapangan dan assesemen secara komprehensif terhadap kerusakan pada masing-masing komponen struktural maupun non struktural untuk mendapatkan perbaikan yang sesuai dengan tingkat kerusakan. Selanjutnya, menganalisa ketahanan struktur portal dan menara setelah kubah redesign diintegrasikan dalam pemodelan. Tahap terakhir membuat gambar 3D struktur kubah dan menara hasil rancangan beserta portal bangunan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kerusakan yang terjadi pada portal bangunan masjid Al-mujahiddin khususnya lantai 2 (dua) sebagian besar diakibatkan oleh beban kejut yang ditimbulkan oleh robohnya struktur kubah masjid eksisting bersamaan dengan beban lateral (gempa). Hasil pemodelan struktur kubah menunjukkan, bahwa penggunaan struktur baja pada opsi desain ulang (redesign) kubah masjid mampu mereduksi beban gravitasi maupun beban lateral (gempa) terhadap struktur portal bangunan ditandai dengan rasio kapasitas penampang dari masing- masing komponen portal berada pada nilai lebih kecil dari satu (r<1) atau bisa dikatakan memenuhi persyaratan kekuatan struktur. Kondisi komponen struktur menara eksisting masjid Al-mujahiddin mengalami kerusakan yang cukup parah, yang mana berdasarkan running pemodelan menunjukkan bahwa rasio kapasitas penampang sebagian besar komponen struktural menara berada pada nilai lebih besar dari satu (r>1) atau sudah berada dalam kondisi gagal (collapsed). Perbaikan yang disarankan pada komponen

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): struktur menara yaitu dengan menggunakan metode jacketing untuk memperkuat joint dari pada balok-kolom.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Mar 2020 08:52
Last Modified: 11 Mar 2020 08:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15542

Actions (login required)

View Item View Item