STUDI NUMERIK TEKANAN PADA SEAWALL TIPE LENGKUNG DAN TIPE VERTIKAL AKIBAT HEMPASAN GELOMBANG REGULER NUMERICAL STUDY OF PRESSURE ON THE SEAWALL CURVE TYPE AND VERTICAL TYPE DUE TO REGULAR WAVE

Ningsih, Vivin Novita (2020) STUDI NUMERIK TEKANAN PADA SEAWALL TIPE LENGKUNG DAN TIPE VERTIKAL AKIBAT HEMPASAN GELOMBANG REGULER NUMERICAL STUDY OF PRESSURE ON THE SEAWALL CURVE TYPE AND VERTICAL TYPE DUE TO REGULAR WAVE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
naskah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Abrasi merupakan proses pengikisan daerah pantai yang terjadi akibat tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak, seperti yang terjadi di daerah pesisir pantai indramayu, 9 dari 10 kecamatan yang mempunyai daerah pantai mengalami abrasi. Abrasi yang terjadi mampu menenggelamkan daratan antara 2 hingga 10 meter pertahun dan saat ini panjang pantai 114 kilometer telah tergerus 50 kilometer. Abrasi menimbulkan kerusakan yang sangat besar dengan rusaknya pemukiman dan fasilitas-fasilitas yang ada di daerah tersebut. Agar kerusakan pantai tidak berlanjut, dilakukan perlindungan pantai baik secara alami maupun buatan. Salah satu cara yaitu dengan perkuatan dinding pantai yang dapat meminimalisir tekanan dari gelombang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan gelombang reguler terhadap variasi bentuk dinding pantai (seawall). Penelitian dilakukan pada domain numerik berbentuk segiempat dengan dimensi 14.1m, 0.5m dan 0.8m menggunakan program CADMAS SURF 2D. Variasi seawall berbentuk vertikal dan lengkung yang diposisikan di 1.5m dari hilir domain dengan bagian depannya di asumsikan menghadap kearah gelombang datang serta menggunakan 4 (empat) variasi tinggi gelombang reguler. Hasil simulasi menunjukkan bahwa, semakin tinggi gelombang dan semakin besar kedalaman titik pengukuran tekanan gelombang maka akan semakin besar tekanan yang dihasilkan. Seawall tipe vertikal menghasilkan tekanan yang lebih besar dibandingkan dengan seawall tipe lengkung. Seawall tipe lengkung merupakan salah satu bentuk yang baik dalam meminimalisir tekanan gelombang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tekanan Gelombang, Gelombang Reguler, seawall, CADMAS SURF 2D
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Mar 2020 08:52
Last Modified: 11 Mar 2020 08:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15543

Actions (login required)

View Item View Item