MODEL EKSPERIMENTAL PENGARUH GRASS BLOCK PAVING TERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN Ekperimental Model The Effect of Grass Block Paving On Surface Runoof

NIHAYAH, NIHAYAH (2020) MODEL EKSPERIMENTAL PENGARUH GRASS BLOCK PAVING TERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN Ekperimental Model The Effect of Grass Block Paving On Surface Runoof. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NIHAYAH, F1A015099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan penduduk di perkotaan menyebabkan kebutuhan lahan pemukiman semakin meningkat. Hal ini menyebabkan peningkatan perubahan tata guna lahan dan mengurangi daerah resapan air hujan. Adanya perubahan struktur tanah dari persawahan menjadi areal industri mengakibatkan terganggunya daya resap tanah sehingga aliran permukaan (runoff) menjadi semakin besar, hal inilah sebagai pemicu terjadinya banjir dan genangan. Untuk mengurangi terjadinya banjir dan genangan, maka perlu upaya untuk mengurangi penggunaan tutupan lahan kedap air (perkerasan beton) dan menggantinya dengan tutupan lahan yang dapat meningkatkan resapan air hujan sehingga mampu memperkecil volume limpasan permukaan dan mempercepat infiltrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pemasangan grass block paving terhadap besarnya nilai koefisien limpasan (C). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan menggunakan alat rainfall simulator. Pengukuran yang dilakukan adalah pengukuran intensitas hujan rata-rata, volume limpasan, dan koefisien aliran permukaan (C). Interval waktu yang digunakan untuk mengukur intensitas hujan adalah 15,25,40,65,80 dan 100 menit. Permukaan lahan menggunakan tanah, grass block paving dan dua jenis rumput yaitu, rumput gajah mini dan rumput jepang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan rumput gajah mini pada lubang grass block paving dapat mengurangi laju air dan memberikan pengaruh terhadap besarnya nilai koefisien limpasan permukaan (C). Sehingga penggunaan grass block paving dengan rumput gajah mini sangat baik untuk memperlambat laju air menjadi limpasan permukaan sehingga air banyak terserap ke dalam tanah. Nilai koefisien limpasan terkecil didapatkan pada pengujian grass block paving dengan rumput gajah mini berkisaran 0,35-0,42. Dengan tutupan lahan menggunakan grass block paving mendapatkan nilai koefisien limpasan permukan tertinggi berkisar antara 0,39-0,45. Jenis tutupan lainnya tanpa tutupan lahan (tanah) mendapatkan nilai koefisien limpasan permukaan sebesar 0,39-0,44 dan dengan tutupan lahan grass block paving dengan rumput jepang berkisar 0,38-0,43.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Koefisien Limpasan Permukaan (C), Volume Limpasan, Intensitas Hujan, Grass Block Paving, Rumput .
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Mar 2020 08:52
Last Modified: 11 Mar 2020 08:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15544

Actions (login required)

View Item View Item