PERGESERAN PENGGUNAAN BENTUK SAPAAN DALAM HUBUNGAN KEKERABATAN BAHASA SASAK ISOLEK DUSUN REBILA DESA TANAK AWU KECAMATAN PUJUT

MUZAKKI, LALU IZRON (2020) PERGESERAN PENGGUNAAN BENTUK SAPAAN DALAM HUBUNGAN KEKERABATAN BAHASA SASAK ISOLEK DUSUN REBILA DESA TANAK AWU KECAMATAN PUJUT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALU IZRON MUZAKKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pergeseran bentuk kata sapaan pada masyarakat Sasak, di Desa Tanak Awu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui metode simak yang menggunakan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan Simak Libat Cakap dan Simak Bebas Libat Cakap. Pembahasan dikategorikan berdasarkan usia,pekerjaan, perkawinan dan status sosial, yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi pergeseran penggunaan bentuk kata sapaan pada masyarakat Sasak Pujut, artinya masyarakat Sasak Pujut sebagian besar tidak lagi menggunakan kata sapaan dari bahasa Sasak nonhonorofik, tapi menggunakan kata sapaan dari bahasa Sasak honorofik dan bahasa Indonesia. Beberapa kata sapaan dalam bahasa Sasak mengalami pergeseran dalam penggunaannya. Keluarga PNS yang memiliki status sosial lebih tinggi di masyarakat, dominan bergeser dalam penggunaan kata sapaan. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan zaman, IPTEKS, maupun sosial budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kata sapaan, bahasa Sasak Pujut, pergeseran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Mar 2020 08:52
Last Modified: 11 Mar 2020 08:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15547

Actions (login required)

View Item View Item