PENGARUH KONSENTRASI ASAM LAKTAT (Lactic Acid) SELAMA PEMBALURAN TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIK, SIFAT KIMIA DAN ORGANOLEPTIK PADA TELUR ASIN (Salted Egg)

Fatmawati, Baiq Yulia (2020) PENGARUH KONSENTRASI ASAM LAKTAT (Lactic Acid) SELAMA PEMBALURAN TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIK, SIFAT KIMIA DAN ORGANOLEPTIK PADA TELUR ASIN (Salted Egg). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ YULIA FATMAWATI J1A016016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telur asin merupakan telur yang diawetkan dengan cara penggaraman untuk membuang rasa amis dan menciptakan rasa yang khas dengan tujuan memperpanjang masa simpan telur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi asam laktat (lactic acid) selama pembaluran terhadap sifat fisik, sifat kimia dan nilai organoleptik pada telur asin (salted egg). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap faktor tunggal (kosentrasi: 0%, 2%, 4%, 6%, dan 8%). Parameter yang diamati yaitu sifat kimia (nilai total asam laktat dan protein terlarut), sifat fisik (indeks kuning telur dan indeks Haugh Unit), dan sifat organoleptik (rasa, kekenyalan, warna putih telur, dan warna kuning telur). Data hasil pengamatan dianalisis keragaman dengan taraf nyata 5% dengan menggunakan Co-Stat. Apabila terdapat beda nyata, dilakukan uji lanjut Beda Nyata Jujur (parameter organoleptik), sedangkan untuk paramater sifat kimia dan sifat fisik dilakukan uji lanjut menggunakan polynomial orthogonal. Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi asam laktat memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap Total Asam Laktat, Protein Terlarut, indeks Kuning Telur dan Indeks Haugh Unit, dan hedonik rasa, namun tidak berbeda nyata terhadap sifat organoleptik (hedonik kekenyalan, warna putih telur dan kuning telur dan skoring untuk semua parameter) dari telur asin. Telur asin dengan penambahan asam laktat 6% sebagai perlakuan terbaik dengan Total asam 1,497%, Protein terlarut 1,45 %, indeks Kuning telur 1,63%, dan indeks Haugh Unit 75, 161% dan rasa, kekenyalan, warna putih dan warna kuning telur yang diterima panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Konsentrasi Asam Laktat, Telur Asin, Telur
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Mar 2020 08:52
Last Modified: 11 Mar 2020 08:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15548

Actions (login required)

View Item View Item