UPAYA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SMPN 2 KURIPAN, LOMBOK BARAT

Samira, Ulfa (2020) UPAYA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SMPN 2 KURIPAN, LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SAMIRA ULFA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah: (1) Untuk mendeskripsikan upaya OSIS dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di SMPN 2 Kuripan dan (2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi upaya OSIS dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di SMPN 2 Kuripan. Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek pada penelitian ini ialah siswa yang ada di SMPN 2 Kuripan. dengan informan penelitian ialah Pengurus OSIS dan Pembina OSIS di SMPN 2 Kuripan dan metode pengumpulan data yang digunakan ialah melalui: wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya berbagai upaya OSIS mengembangkan keterampilan sosial siswa, dapat terlihat dari berbagai kegiatan yang telah dilakukan OSIS SMPN 2 Kuripan yang memiliki keterkaitan dengan pengembangan nilai, norma dan moral siswa, seperti: Kegiatan ESQ (Emotional Spritual Quotient), Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Siswa, Pemberian Donasi, dan Kegiatan Bersifat Mendisiplinkan Siswa. Ada 2 faktor yang mempengaruhi upaya OSIS dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa, yakni faktor pendukung dan faktor penghambat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Keterampilan Sosial, OSIS, Upaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:22
Last Modified: 02 Apr 2020 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15556

Actions (login required)

View Item View Item