ABSTRAK HUBUNGAN KADAR IODIUM DALAM URINE DENGAN TINGKAT KECERDASAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SEKOTONG TENGAH KABUPATEN LOMBOK BARAT

Baiq Inggit Meyrinda Shintya, Utami (2020) ABSTRAK HUBUNGAN KADAR IODIUM DALAM URINE DENGAN TINGKAT KECERDASAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SEKOTONG TENGAH KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)

Abstract

Latar belakang : Iodium merupakan unsur gizi mikro yang berfungsi untuk pembentukan hormon tiroid, yaitu tiroksin (T4) dan triiodotironin (T3) yang berperan penting dalam proses pertumbuhan otak, pembentukan susunan saraf pusat dan tumbuh kembang manusia. Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI) merupakan istilah yang digunakan untuk semua gangguan yang terjadi akibat kekurangan konsumsi iodium. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penduduk yang tinggal di daerah endemis GAKI dengan kecerdasan. Kecerdasan adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk memecahkan masalah dan kemampuan beradaptasi dengan kondisi maupun lingkungannya sesuai dengan pengalaman yang pernah diterima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kadar iodium dalam Urine dengan tingkat kecerdasan siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sekotong Tengah Kabupaten Lombok Barat. Metode : Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 51 orang siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Sekotong Tengah Kabupaten Lombok Barat. Variabel utama dalam penelitian ini adalah kadar iodium urine dan tingkat kecerdasan. Data dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney untuk uji analitik komparatif dan uji Spearman untuk uji analitik korelatif. Nilai p<0.05 menunjukkan signifikansi. Hasil : Uji analitik korelatif Spearman antara kadar iodium urine dengan tingkat kecerdasan menunjukkan hasil yang tidak signifikan (koefisien korelasi=-0.169, p=0.236). Usia (p=0.227), jenis kelamin (p=0.742), status gizi (p=0. 894), penggunaan garam beriodium (p=0.277), frekuensi makan ikan (p=0.466), dan pengolahan emas dekat rumah (p=0.480) tidak berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan. Kesimpulan : Kadar iodium urine pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sekotong Tengah Kabupaten Lombok Barat tidak berhubungan dengan tingkat kecerdasan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : iodium, iodium urine, GAKI, kecerdasan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:22
Last Modified: 02 Apr 2020 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15567

Actions (login required)

View Item View Item