PROTOTYPE SISTEM KENDALI PINTU AIR OTOMATIS BERDASARKAN KETINGGIAN AIR PADA BENDUNGAN MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK(HCSR-04) BERBASIS ARDUINO NANO ATMEGA 328P

MUHAMMAD, RASYID (2020) PROTOTYPE SISTEM KENDALI PINTU AIR OTOMATIS BERDASARKAN KETINGGIAN AIR PADA BENDUNGAN MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK(HCSR-04) BERBASIS ARDUINO NANO ATMEGA 328P. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR MUHAMMAD RASYID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan level air pada bendungan pada saat curah hujan tinggi akan mempengaruhi jumlah air yang diterima oleh bendungan, akibatnya ketinggian air dapat melampaui batas normal, bahkan besar kemungkinan ketika kondisi geologis disekitar bendungan tidak mampu menahan tekanan akibat kenaikan level permukaaan air, maka dapat berakibat pada jebolnya bendungan. Untuk mengatasi hal tersebut, sistem pintu air otomatis pada sebuah bendungan yang diperlukan untuk memonitoring dan mengamati tinggi, volume dan debit air yang keluar dari bendungan. Sistem pintu air otomatis ini menggunakan sensor ultrasonik sebagai pengukur tinggi air dan sensor water flow sebagai pengukur kecepatan debit air. Sensor ultrasonik yang dirancang dapat mengendalikan pintu air secara otomatis sesuai dengan level ketinggian air dan sensor water flow yang dirancang dapat menghitung kecepatan debit air yang keluar dari bendungan. Pada kondisi air tinggi dengan ketinggian air 12 sampai 15 cm kecepatan debit air yang keluar didapatkan nilai 0,135l/s. Pada kondisi air sedang dengan ketinggian air 5 sampai 12 cm kecepatan debit air yang keluar didapatkan nilai 0,128l/s, dan pada kondisi air rendah dengan ketinggian air 3 sampai 5 cm kecepatan debit air yang keluar didapatkan nilai 0,072l/s.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pintu air, Bendungan, Arduino nano, Sensor ultrasonik, Sensorwater flow.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:21
Last Modified: 02 Apr 2020 03:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15570

Actions (login required)

View Item View Item