IMPLEMENTASI PROGRAM LIMA HARI SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SDN GUGUS IV PRAYA TENGAH

SITI, ZULAIHA (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM LIMA HARI SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SDN GUGUS IV PRAYA TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program lima hari sekolah dalam penguatan pendidikan karakter siswa SDN gugus IV Praya Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan model trianggulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program lima hari sekolah dalam penguatan pendidikan karakter siswa SDN Gugus IV Praya Tengah dilaksanakan melalui kegiatan harian, kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler. Penanaman nilai-nilai karakter dilakukan melalui kegiatan sebagai berikut: Religiusitas yaitu melalui kegiatan berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, berdo’a dan mengheningkan cipta ketika upacara bendera serta kegiatan imtaq pada hari Jum’at. Nasionalisme yaitu melalui upacara bendera, menggunakan seragam sekolah, tidak terlambat datang ke sekolah, pemasangan bendera di halaman sekolah serta pengembangan diri dengan ekstrakurikuler pramuka. Mandiri yaitu siswa mandiri dalam berkegiatan di sekolah dan di kelas khususnya bagi kelas satu seperti mengerjakan tugas individu, piket kelas, dan makan sendiri tanpa disuapi serta membiasakan diri menabung. Gotong royong yaitu melalui kerja kelompok dan piket bersama, menjadi petugas upacara dan juga kegiatan pramuka secara berkelompok. Integritas yaitu hormat terhadap orang yang lebih tua dan mengumpulkan sumbangan bagi teman yang terkena musibah. Kendala yang dihadapi yaitu keterbatasan sarana dan prasarana serta kurangnya kerja sama antara pihak sekolah dengan keluarga dan masyarakat sekitar sehingga dalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai tersebut menjadi kurang optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Implementasi, program lima hari sekolah, penguatan pendidikan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:21
Last Modified: 02 Apr 2020 03:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15572

Actions (login required)

View Item View Item