KEBERADAAN PREDATOR GENERALIS LABA-LABADAN HAMA PENGHISAP DAUN YANG BERASOSIASI DENGAN TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.)

Haerlis, Dekatari (2020) KEBERADAAN PREDATOR GENERALIS LABA-LABADAN HAMA PENGHISAP DAUN YANG BERASOSIASI DENGAN TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Haerlis Dekatari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Haerlis Dekatari. “Keberadaan Predator Generalis Laba-Laba Dan Hama Penghisap Daun Yang Berasosiasi Dengan Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.)” dibimbing oleh Dr.Ir.Tarmizi, MP. Dan Prof. Ir. M. Sarjan, M.Ag.CP., Ph.D. Cabai merah (Capsicum annum L.) merupakan tumbuhan yang digolongkan kedalam anggota genus capsicum. Cabai ini merupakan tanaman semusim yang berdiri tegak, berbentuk perdu, dan menjadi salah satu komoditas sayuran yang banyak di budidayakan, dan menjadi salah satu komoditas yang paling populer di dunia. Hama penghisap daun merupakan salah satu hama penting pada tanaman sayuran khususnya tanaman cabai dan predator laba-laba sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam mengendalikan hama penghisap daun. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan Juli sampai September 2019di Desa Lendang Kelor, Kecamatan Sayang-Sayang, Kabupaten Lombok Barat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan predator generalis laba-laba untuk hama penghisap daun dengan tanaman cabai merah (Capsicum annum L.). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei serta pengumpulan data di lapangan. Pengambilan sampel hama penghisap daun dan predator generalis laba-laba dengan teknik secara langsung pada tanaman dan pengambilan pada perangkap pit fall trap dan yellow pan trap. Sampel yang telah diambil dimasukkan dalambotol spesimen. Sampel yang telah dimasukkan kedalambotol spesimen dibawa ke Laboratorium Protektesi Tanaman, Fakultas Pertanian dan Laboratorium Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas MIPA, Universitas Mataram. Selanjutnya dilakukan identifikasi morfologi hama penghisap daun dan predator laba-laba. Di temukan empat spesies hama penghisap daun (Thrips parvispinus, Bemisia tabaci, Aphids gossypii, dan Paracoccus marginatus), dengan jumlah populasi masing-masing spesies adalah 1067 ekor, 1160 ekor, 1148 ekor dan 443 ekor. Empat jenis predator laba-laba (famili Tetragnathidae, famili Lycosidae dan Oxyopidae) dengan jumlah populasi masing-masing famili adalah 68 ekor, 116 dan 55ekor. Indeks keragaman hama penghisap daun1,33. Indeks dominasi serta kelimpahan tertinggi dimiliki Bemisia tabaci senilai 0,091 dan 30,38%. Indeks keragaman predator laba-laba1,06. Indeks dominasi serta kelimpahan tertinggi dimiliki oleh famili Lycosidae sebesar 0.235dan 48.53%. Hasil analisi regresi antara hubungan populasi hama dengan persentase kerusakan didapatkan nilai Y = 0.0548x – 18.279 dengan R2 = 0.6576 (kuat) yang mengartikan 65% kerusakan tanaman cabai disebabkan oleh hama penghisap daun. Hasil analisis regresi hubungan populasi hama dengan populasi predator laba-laba didapatkan nilai Y = 12.904x + 621.65 dengan R2 = 0.6321 (kuat) yang mengartikan bahwa setiap penambahan satu jumlah populasi predator laba-laba akan menyebabkan penurunn jumlah populasi hama penghisap daun sebesar 63%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hama tanaman
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:21
Last Modified: 02 Apr 2020 03:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15573

Actions (login required)

View Item View Item