KESALAHAN SISWA SMPN 1 NARMADA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

HAERUL SOLEH, HAERUL SOLEH (2020) KESALAHAN SISWA SMPN 1 NARMADA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSIfix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis-jenis kesalahan siswa SMPN 1 Narmada kelas VIII dalam mengerjakan soal cerita matematika, untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa salah dalam menyelesaikan soal cerita matematika dan untuk mengetahui jenis kesalahan yang paling dominan yang dilakukan oleh siswa SMPN 1 Narmada berdasarkan klasifikasi kesalahan Newman. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara mendalam. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.2 SMPN 1 Narmada yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesalahan yang dilakukan siswa dala menyelesaikan soal matematika terkait materi segi empat berdasarkan prosedur Newman adalah: (a) prsentase kesalahan membaca yang dilakukan siswa sebesar 66,67%, (b) prsentase kesalahan memahami masalah sebesar 35,08%, (c) prsentase kesalahan transformasi sebesar 46,49%, (d) prsentase kesalahan keterampilan proses sebesar 29,82%, dan (e) persentase kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 25,53%. Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa adalah siswa tidak teliti membaca soal, tidak teliti menemukan hal yang diketahui dalam soal, tidak mengetahui permasalahan dalam soal, tidak tahu rumus yang seharusnya digunakan dan mengikuti jawaban teman.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis kesalahan, prosedur Newman, Segi Empat, Soal Cerita.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:21
Last Modified: 02 Apr 2020 03:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15576

Actions (login required)

View Item View Item