SISTEM AUTENTIKASI DAN PEMBANGKITAN KODE QR SEBAGAI PENANDA KEASLIAN DOKUMEN SERTIFIKAT BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN PLATFORM NODE.JS DAN NOSQL

Rizkiyawan, Riyan (2020) SISTEM AUTENTIKASI DAN PEMBANGKITAN KODE QR SEBAGAI PENANDA KEASLIAN DOKUMEN SERTIFIKAT BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN PLATFORM NODE.JS DAN NOSQL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Skripsi - Riyan Rizkiyawan - F1B014084.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sertifikat merupakan dokumen yang berisi pernyataan tertulis dari orang berwenang yang dapat digunakan sebagai bukti kepemilikan atau suatu kegiatan. Namun saat ini dokumen sertifikat sangat mudah dipalsukan dengan membuat bentuk atau penandatanganan yang serupa dengan aslinya. Sehingga diperlukan sistem yang dapat membuat sertifikat autentik yang dapat divalidasi keasliannya agar tidak mudah dipalsukan. Tahapan penelitian yang dilakukan penulis pada penelitian ini adalah studi literatur, analisis kebutuhan, perancangan sistem, pemrograman, dan pengujian. Sistem autentikasi sertifikat ini merupakan sistem yang akan digunakan oleh organizer sebuah event dan peserta yang mengikuti event. Event akan didaftarkan oleh organizer dengan memasukkan data event dan data peserta. Data tersebut kemudian diolah agar menghasilkan sertifikat yang bersifat autentik dengan menyematkan QR Code yang berisi alamat halaman validasi sertifikat. Alamat ini dibentuk dari gabungan URL (Uniform Resource Locator) dan nomor identitas sertifikat yang diambil dari database, dengan jumlah karakter yang tetap 68 karakter. Sistem ini menyediakan fitur layout sederhana untuk mendesain sertifikat dan menambahkan data pejabat yang bertandatangan pada sertifikat. Untuk melakukan validasi pengguna hanya perlu scan QR Code pada sertifikat menggunakan smartphone, kemudian akan diarahkan menuju halaman validasi. Untuk menguji sistem ini penulis menggunakan metode black box yang akan menguji sistem secara fungsional untuk mengetahui keberadaan bug pada sistem. Pengujian ini dilakukan oleh lima orang user dan hasilnya tidak ditemukan bug pada sistem. Sistem ini juga dapat menghasilkan lebih dari 100 sertifikat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Autentikasi, MongoDB, Node.js, NoSQL, Pemalsuan sertifikat, QR Code, Sertifikat, Website.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:21
Last Modified: 02 Apr 2020 03:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15579

Actions (login required)

View Item View Item