IDENTIFIKASI FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN (IB) PADA SAPI BALI DI KECAMATAN PRINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

MUSTAKIM, MUSTAKIM (2020) IDENTIFIKASI FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN (IB) PADA SAPI BALI DI KECAMATAN PRINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi FULL & COVER MUSTAKIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan IB. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Variabel yang diamati adalah kepemilikan ternak, kebersihan kandang, sekat kandang, kecukupan pakan dan Body Condition Score (BCS) sapi. Analisis data dilakukan menggunakan Odd Ratio (OR). Hasil analisis menunjukan bahwa kecukupan pakan dan BCS sapi masing-masing berpengaruh terhadap hasil IB sebesar 2.80 dan 2.05 pada Kelompok Pida Lestari. Kelompok Putri Bekekem menunjukan kandang disekat, pakan cukup, BCS sapi masing- masing sebesar 1.59, 2.55 dan 2.03. Kelompok Trasna, berpengaruh terhadap hasil IB yaitu Kepemilikan ternak dan pakan cukup masing-masing sebesar 1.60 dan 1.36. Kelompok Pida Lestari dengan keberhasilan IB katagori tinggi. Faktor kecukupan pakan dan BCS berpengaruh nyata terhadap keberhasilan IB. Sementara kelompok Putri Bekekem dengan keberhasilan IB katagori sedang. Faktor kecukupan pakan, BCS dan kandang disekat berpengaruh terhadap keberhasilan IB. Sementara kelompok Trasna dengan keberhasilan IB katagori rendah. Faktor kepemilikan sapi (milik sendiri) dan BCS berpengaruh nyata terhadap keberhasilan IB.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Indentifikasi faktor yang berpengaruh terhadap hasil IB, Sapi Bali
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:21
Last Modified: 02 Apr 2020 03:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15580

Actions (login required)

View Item View Item