KANDUNGAN SERAT KASAR DAN PROTEIN KASAR PADA PERTUMBUHAN KEMBALI (REGROWTH) RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum cv. Mott) YANG DIPUPUK NITROGEN DENGAN LEVEL BERBEDA DI TANAH REGOSOL TEACHING FARM LINGSAR

CHAERANI, ROSA (2020) KANDUNGAN SERAT KASAR DAN PROTEIN KASAR PADA PERTUMBUHAN KEMBALI (REGROWTH) RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum cv. Mott) YANG DIPUPUK NITROGEN DENGAN LEVEL BERBEDA DI TANAH REGOSOL TEACHING FARM LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ROSA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk N (nitrogen) terhadap kandungan protein kasar dan serat kasar pada pertumbuhan kembali (regrowth) rumput gajah mini (Pennisetum purpureum cv. Mott)setelah dipotong 45 hari. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium terapan (Teacing Farm) Fakultass Peternakan Universitas Mataram Desa Lingsar dan Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Universitas Mataram sejak bulan oktober 2018 sampai februari 2019. Materi yang digunakan adalah rumput Gajah mini cv. Mott dan pupuk urea (nitrogen) dengan dosis yang berbeda .Penelitian dilakukan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 Perlakuan dan masing-masing dengan 3 ulangan. Perlakuan tersebut yaitu N0 (kontrol),T1(100 kg N/Ha), T2 (200 kg N/Ha), T3 (300 kg N/Ha) dan T4 (400 kg N/Ha). Variabel yang diamati adalah kandungan serat kasar dan protein kasar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis ragam variansi (ANOVA) dan apabila ada perbedaan nyata maka dilakukan Uji jarak berganda Duncan’s. Hasil penelitian menunjukkan respon yang berbeda nyata terhadap kandungan serat kasar (P<0,05) rumput gajah mini (Pennisetum purpureum cv. Mott), hasil tertinggi diperoleh dari perlakuan T0 (32.73%) dan terendah terdapat pada perlakuan T4 (29,19%). Sedangkan untuk kandungan protein kasar menunjukkan respon yang berbeda nyata(P<0,05) hasil tertinggi diperoleh dari perlakuan T2 (8.05%) dan terendah terdapat pada perlakuan T0 (6.62%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): PupukNitrogen, Rumput Gajah Mini, Protein Kasar dan Serat kasar
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:21
Last Modified: 02 Apr 2020 03:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15581

Actions (login required)

View Item View Item