PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM KEAMANAN RUMAH BERBASIS SMS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO UNO 328

AMRI, RIJALUL (2020) PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM KEAMANAN RUMAH BERBASIS SMS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO UNO 328. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIJALUL AMRI F1BO14083 Rampung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi kebutuhan informasi yang cepat sangat di butuhkan dalam berbagai sektor kehidupan, sehingga menunjang kinerja sektor-sektor tersebut, salah satunya adalah aspek keamanan. Banyak sarana yang dirancang secara otomatis untuk membantu kegiatan manusia dalam mengatur keamanan lingkungan ataupun ruangan yang memerlukan tingkat pengamanan yang lebih ketat. Terutama pada rumah bila ingin terhindar dari kriminalitas seperti pencurian, perampokan, dan tindak kriminalitas lainnya, serta musibah lain seperti kebakaran. Data dari Badan Pusat Statistik yang menyebutkan di Indonesia telah terjadi 10.683 kasus pencurian dengan kekerasan, 482 kasus pencurian dengan senjata api dan 880 kasus pencurian dengan senjata tajam selama periode tahun 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang suatu perancangan prototipe sistem keamanan rumah berbasis sms menggunakan Arduino Uno 328 yang dikombinasikan dengan sensor api, sensor Mq-2, sensor passive infra red dan Modul SIM800L sheild GPRS sebagai media pengirim SMS. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik studi pustaka dan teknik observasi lapangan. Perancangan alat dilakukan dengan pengujian pada tiap blok bagian sistem dahulu kemudian semua bagian tersebut di gabungkan menjadi satu sistem utuh sehingga di dapatkan hasil bahwa penggabungan sensor pada sistem keamanan ini dapat bekerja secara baik ketika sensor mendeteksi adanya pergerakan manusia dan konsentrasi asap dan gas maka mikrokontroller akan mengirimkan perintah pengiriman sms melalui Modul SIM800L sheild GPRS ke pemilik rumah dan mengaktikan led dan buzzer.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sensor Flame, Sensor passive infra red, sensor MQ-2, Modul SIM800L shield GPRS, mikrokontroller Arduino Uno 328
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:20
Last Modified: 02 Apr 2020 03:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15586

Actions (login required)

View Item View Item