ANALISIS USAHA DAN PEMASARAN AGROINDUSTRI GULA SEMUT AREN (Palem Suiker) DI DESA KEKAIT, KECAMATAN GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

ARIEF TRI, INDRAWAN (2020) ANALISIS USAHA DAN PEMASARAN AGROINDUSTRI GULA SEMUT AREN (Palem Suiker) DI DESA KEKAIT, KECAMATAN GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di Bimbing oleh Ir. Wuryantoro, M.Agr.Bus., dan Ir. Rosmilawati, MS., Penelitian bertujuan untuk: (1) menganalisis biaya dan pendapatan usaha pengolahan gula semut aren di Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat; (2) menganalisis kelayakan usaha pengolahan gula semut aren di Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat; (3) mendeskripsikan saluran pemasaran gula semut aren di Desa Kekait Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat.Metode yang digunakan adalah metode desriptif. Data di analisis dengan menggunakan analisis biaya dan pendapatan, Reveneu Cost Ratio dan Benefit Cost Ratio, Analisis Break Event Point (BEP). Penelitian ini dilakukan di Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat tahun 2019, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif. Untuk penentuan daerah sampel digunakan teknik purposive sampling yaitu; Dari 16 Desa yang ada di Kecamatan Gunungsari ditetapkan 1 Desa, sebagai Desa Sampel dengan pertimbangan Desa tersebut merupakan sentra gula semut aren berdasarkan survey pendahuluan. Dalam penentuan responden pengolah gula semut aren dilakukan teknik “sensus” dan ditemukan 8 pengolah. Untuk menentukan responden pedagang digunakan teknik snowball sampling yaitu bermula dari jumlah terkecil, kemudian membesar hingga pada akhirnya tidak dapat menemukan responden lagi. Sehingga ditemukan 8 responden Pengolah dan 6 responden Pedagang. Data kualitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat atau gambar, meliputi tingkat pendidikan, jenis kelamin. Sedangkan data kuantitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk angka, misalnya meliputi Biaya Produksi, Harga, Keuntungan serta Pendapatan Usaha.Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Rata-rata total biaya usaha pengolahan gula semut aren di Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat sebesar Rp. 3.348.431,- per bulan produksi. Rata-rata Pendapatan usaha pengolahan gula semut aren di Desa Kekait Kabupaten Lombok Barat sebesar Rp. 2.101.569,- Per bulan proses produksi; (2) Nilai R/C Ratio sebesar 1,63 dan nilai B/C Ratio sebesar 0,63. Nilai BEP Harga Rp. 20.877,- dan Nilai BEP Produksi 173 Bungkus Per bulan proses produksi; (3) Terdapat dua saluran pemasaran gula semut aren di Desa Kekait Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat yaitu Saluran I Produsen – Konsumen dan Saluran II Produsen – Pedagang Pengecer - Konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendapatan usaha, Produksi, Harga
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:20
Last Modified: 02 Apr 2020 03:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15590

Actions (login required)

View Item View Item