PENGARUH KONSENTRASI SARI UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas L.) TERHADAP SIFAT KIMIA, MIKROBIOLOGI DAN SENSORIS KEFIR SUSU KAMBING

ASRY, MUHAMAD RIZKI NUL (2020) PENGARUH KONSENTRASI SARI UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas L.) TERHADAP SIFAT KIMIA, MIKROBIOLOGI DAN SENSORIS KEFIR SUSU KAMBING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL MUHAMAD RIZKI NUL ASRY J1A016067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi sari ubi jalar ungu (Ipomoea batatas L.) terhadap sifat kimia, mikrobiologi dan sensoris kefir susu kambing. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor atau faktor tunggal yaitu konsentrasi sari ubi jalar ungu (K), dengan perlakuan (0%, 10%, 20%, 30%, 40%) dengan ulangan sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 15 unit percobaan. Parameter yang diamati adalah antioksidan, total asam laktat, pH dan total bakteri asam laktat (BAL), organoleptik (warna, rasa dan aroma). Data hasil pengamatan dianalisis keragaman dengan taraf nyata 5% dengan menggunakan Co-Stat. Apabila terdapat beda nyata, dilakukan uji lanjut dengan Metode Ortogonal Polinomial (MOP) (parameter kimia) dan uji lanjut Beda Nyata Jujur (parameter organoleptik), sedangkan untuk paramater mikrobiologis dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kosentrasi sari ubi jalar ungu memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap nilai antoksidan, total asam laktat, pH dan sifat organoleptik warna dan aroma (skoring dan hedonik) serta hedonik rasa kefir susu kambing. Kefir susu kambing dengan konsentrasi sari ubi jalar ungu 40% merupakan perlakuan terbaik berdasarkan nilai antioksidan 89,2%, total asam laktat 1,73%, pH 4,1 dan pertumbuhan BAL >1,0 x 107 - 8,25 x 109 CFU/mL yang memenuhi standar SNI 2981-2009, serta rasa dan warna kefir yang dapat diterima oleh panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kefir susu kambing, konsentrasi, sari ubi jalar ungu.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:18
Last Modified: 02 Apr 2020 03:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15601

Actions (login required)

View Item View Item