KRITIK SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA PESTA TERAKHIR KARYA RATNA SARUMPAET: PERSPEKTIF HIPPOLYTE TAINE DAN RELEVANSINYA SEBAGAI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Irawansyah, Dony (2020) KRITIK SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA PESTA TERAKHIR KARYA RATNA SARUMPAET: PERSPEKTIF HIPPOLYTE TAINE DAN RELEVANSINYA SEBAGAI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FULL DONY IRAWANSYAH E1C015017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kritik sosial dalam naskah drama “Pesta Terakhir” karya Ratna Sarumpaet, dan bagaimanakah relevansi kritik sosial dalam naskah drama “Pesta Terakhir” karya Ratna Sarumpaet sebagai pembelajaran di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kritik sosial yang terdapat dalam naskah drama “Pesta Terakhir” karya Ratna Sarumpaet, dan mendeskripsikan relevansi penelitian dalam naskah drama “Pesta Terakhir” karya Ratna Sarumpaet sebagai pembelajaran di Sekolah. Metode penelitian dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Pada metode analisis data digunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Kritik sosial dalam naskah drama “Pesta Terakhir” karya Ratna Sarumpaet: Perspektif Hipollyte Taine yang diuraikan dalam tiga konsepnya, yaitu (1) Saat, (2) Ras, dan (3)Lingkungan. Hasil penelitian ini relevan dengan pembelajaran di Sekolah dan sesuai dengan Kurikulum 2013(K-13) pada jenjang pendidikan menengah kelas XI dengan Kompetensi Dasar (KD) yakni menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton. Naskah drama ini mengandung banyak nilai sosial dan pendidikan moral yang dapat dituangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kritik sosial, naskah drama Pesta Terakhir, sosiologi sastra, relevansi sebagai pembelajaran di Sekolah.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:11
Last Modified: 02 Apr 2020 03:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15605

Actions (login required)

View Item View Item