TINJAUAN TENTANG TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP ANAK YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA OLEH ANAK (Studi Putusan Nomor 09/Pid.Sus.A/2016/PN PKL)

NURAENI EKA, MASTUTI (2020) TINJAUAN TENTANG TINDAK PIDANA KEKERASAN TERHADAP ANAK YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA OLEH ANAK (Studi Putusan Nomor 09/Pid.Sus.A/2016/PN PKL). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku anak dan penerapan sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana kekerasan yang dilakukan secara bersama-sama oleh anak dalam Putusan Nomor 09/Pid.Sus.A/2016/PN PKL.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif. Hasil penelitian ini adalah pertimbangan hukum oleh hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap anak sebagai pelaku kejahatan kekerasan dan hakim harus mempertimbangkan berbagai aspek seperti barang bukti, keterangan para saksi, keterangan terdakwa, mempertimbangkan terdakwa mengakui perbuatannya dan merasa bersalah serta berjanji tidak akan mengulanginya lagi, serta mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan dari kasus terdakwa. Terdakwa dijatuhi hukuman Pidana Pengawasan, dengan syarat sebagai berikut : Syarat umum yaitu agar anak tidak melakukan tindak pidana lagi, selama jangka waktu 4 (empat) bulan. Syarat khusus yaitu agar anak wajib lapor diri kepada Jaksa Penuntut Umum dan Pembimbing Kemasyarakatan untuk kepentingan pengawasan sebanyak 1 (satu) kali dalam dua minggu, selama jangka waktu 6 (enam) bulan. Putusan ini menurut penyusun sudah tepat karena perbuatan terdakwa telah memenuhi rumusan dalam Pasal 170 Ayat (1) KUHPidana Jo Undang-undnag Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Anak, Pemidanaan, Kekerasan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:08
Last Modified: 02 Apr 2020 03:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15607

Actions (login required)

View Item View Item