PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJASAMA PT PERTAMINA PERSERO DENGAN PENGUSAHA STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UNTUK UMUM (SPBU) NOMOR 54 836 05 DI KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

LALU, MARDATIA (2020) PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJASAMA PT PERTAMINA PERSERO DENGAN PENGUSAHA STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UNTUK UMUM (SPBU) NOMOR 54 836 05 DI KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALU MARDATIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk dari perjanjian kerjasama antara pihak PT. Pertamina (Persero) dengan Pengusaha SPBU 54 836 05 di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur dalam penyaluran dan pemasaran Bahan Bakar Minyak (BBM) dan bagaimana kedudukan para pihak dalam perjanjian kerjasama tersebut, jenis penelitian ini menggunakan penelitian hokum normatif dan empiris yang menggunakan tiga metode pendekatan yaitu pendekatan perundang-undangan (Statute Approach), pendekatan konseptual (Conseptual Approach), dan pendekatan sosiologis (Sosiological Approach). Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen dan studi lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwadalam perjanjian kerjasama antara PT. Pertamina (Persero) dengan Pengusaha SPBU 54 836 05 di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur merupakan perjanjian baku dimana pada proses pembuatannya hanya melibatkan salah satu pihak. Perjanjian pengusaha SPBU Pertamina yang terformat dalam bentuk baku, dan dibuat oleh pihak pertamina (tidak melibatkan pihak pengusaha). Dalam perjanjian ini tampak adanya ketimpangan antara pemberian hak dan pembebanan kewajiban kepada para pihak. Pengusaha dibebani berbagai macam kewajiban, sedangkan Pertamina diberi lebih banyak hak dengan dibebani kewajiban yang lebih sedikit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perjanjian, Kerjasama, Pengusaha.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:07
Last Modified: 02 Apr 2020 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15614

Actions (login required)

View Item View Item