ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS VIIIB SMP NEGERI 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SAUPIANI, SAUPIANI (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS VIIIB SMP NEGERI 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui kesulitan belajar siswa dan penyebabnya,serta upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar matematika siswa dalam implementasi pendekatan saintifik pada kelas VIII B SMPN 2 Labuapitahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan melakukan observasi, rekaman, dan wawancara. Analisis data hasil penelitian dengan analisis hasil observasi aktivitas siswa. Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa presentase siswa yang kesulitan pada kegiatan mengamati yaitu 67,18%, presentase siswa yang kesulitan pada kegiatan menanya yaitu 77,57%, presentase siswa yang kesulitan pada kegiatan mencoba yaitu 75,84%, presentase siswa yang kesulitan pada kegiatan menalar yaitu 81,01%, presentase siswa yang kesulitan pada kegiatan mengkomunikasikan yaitu 67,23%. Hal ini menunjukkan siswa yang kesulitan pada setiap kategori masih tinggi. Penyebab siswa kesulitan berdasarkan faktor internal seperti kurangnya antusias siswa dalam memperhatikan penjelasan guru, kurangnya minat siswa dalam membaca buku ajar mereka, perasaan siswa yang takut dan malu lebih dominan, kurangnya pehaman konsep matematika siswa, siswa mengalami daya ingat yang kurang. berdasarkan faktor eksternal seperti kurangnya alat atau media penunjang proses pembelajaran, kurangnya arahan dari guru untuk membantu siswa agar mau bertanya, kurangnya arahan dari guru supaya siswa bisa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari. Upaya yang guru lakukan untuk mengatasi kesulitan siswa yaitu dengan cara menghampiri kesetiap siswa yang mengalami kesulitan, memberikan kesempatan untuk siswa bertanya kembali diluar waktu pembelajaran, mengarahkan siswa untuk membuat media atau LKS sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kesulitan belajar matematika, pendekatan saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:07
Last Modified: 02 Apr 2020 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15616

Actions (login required)

View Item View Item