PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI POKOK MATRIKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITASDAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PEMINATAN IPA 3 MA DAKWAH ISLAMIYAH PUTRIKEDIRI TAHUN PELAJARAN 2019/2020.

ROZIAH, ROZIAH (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI POKOK MATRIKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITASDAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PEMINATAN IPA 3 MA DAKWAH ISLAMIYAH PUTRIKEDIRI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa di kelas XI Peminatan IPA 3 MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru dimana siswa kurang diberikan kesempatan untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa kesulitan dalam memahami konsep materi matriks. Penelitian ini bertujuan unuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa serta mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe make a matchpada materi pokok matriks yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI PeminatanIPA 3 MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam2 siklus. Adapun indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif, serta prestasi belajar siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal minimal 85% di akhir siklus. Data aktivitas siswa didapatkan melalui observasi dan data prestasi belajar siswa didapatkan dari kegiatan evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 12,67 yang berkategori aktif dan pada siklus II dengan rata-rata 17,01 yang berkategori sangat aktif. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut yaitu 74,67 dan 88,1 dengan masing-masing ketuntasan belajar yang dicapai adalah 75% dan 89,28%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model pembelajaran make a match, aktivitas belajar, prestasi belajar,matriks.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:07
Last Modified: 02 Apr 2020 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15617

Actions (login required)

View Item View Item