PENERAPAN PIDANA TERHADAP PELAKU PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DIBAWAH UMUR (Analisis Putusan Nomor 19/Pid.Sus.Anak/2018/PN.PYA)

Irma, Nurhayati (2020) PENERAPAN PIDANA TERHADAP PELAKU PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DIBAWAH UMUR (Analisis Putusan Nomor 19/Pid.Sus.Anak/2018/PN.PYA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IRMA NURHAYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui penerapan hukum terhadap tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang dilakukan oleh anak dan mengetahui pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Jenis penelitian ini adalah normatif, dengan metode pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus, pendekatan konseptual. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan hukum terhadap pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang dilakukan oleh anak dibawah umur dalam Putusan Perkara Nomor 18/Pid.Sus.Anak/2018/PN.PYA. terdakwa telah melanggar Pasal 363 ayat (1) ke-3 dan ke-4 KUHP yang dilihat dari fakta-fakta hukum, dan keadaan anak serta hasil laporan kemasyarakatan, pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap anak sebagai pelaku pencurian dilihat dari segi yuridis berdasarkan Dakwaan Jaksa Umum, keterangan saksi, keterangan terdakwa, barang bukti serta mempertimbangkan dari segi non yuridis dengan melihat hal-hal yang memberatkan dan hal-hal yang meringankan terdakwa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pidana, Pencurian, Anak
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:05
Last Modified: 02 Apr 2020 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15624

Actions (login required)

View Item View Item