EFEKTIVITAS KETENTUAN PERATURAN MENTERI KETENAGAKERJAAN DAN TRANSMIGRASI NO.7 TAHUN 2013 TERKAIT UMK (Studi di Kota Mataram)

PUTU INDRA, GUSNANTA (2020) EFEKTIVITAS KETENTUAN PERATURAN MENTERI KETENAGAKERJAAN DAN TRANSMIGRASI NO.7 TAHUN 2013 TERKAIT UMK (Studi di Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PUTU INDRA GUSNANTA (D1A115232).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

Pembangunan ketenagakerjaan sebagai bagian integral dari Pembangunan Nasional berdasarkan pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Hukum Ketenagakerjaan sebagai hukum mengatur (Regeld). Seluruh pekerja harus memperoleh penghasilan yang memenuhi kebutuhan hidup layak, namun pada kenyataannya masih banyak pekerja yang mendapat upah murah karena perusahaan lebih mementingkan peningkatan omset. Dalam hal ini pemerintah berperan sebagai penengah, oleh karena itu pemerintah mengeluarkan Kebijakan Upah Minimum Kota (UMK). Kebijakan ini bersifat normatif dan bertujuan untuk melindungi upah pekerja agar tidak merosot pada tingkat yang paling rendah sehingga mereka dapat meningkatkan kesejahteraan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan kebijakan UMK di Kota Mataram tahun 2019. Tipe penelitian. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan UMK belum berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan dua dari tiga perusahaan yang diteliti belum memberikan upah layak kepada pekerjanya dengan berbagai alasan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ketenagakerjaan,Upah Minimum Kota
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:05
Last Modified: 02 Apr 2020 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15625

Actions (login required)

View Item View Item