PENGARUH PENERAPAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN ARIASDAN KEPALA BERNOMOR SAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KIMIA MATERI POKOK KOLOID PADA SMAN 6 MATARAM

WIWIK, MAHARANI (2020) PENGARUH PENERAPAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN ARIASDAN KEPALA BERNOMOR SAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KIMIA MATERI POKOK KOLOID PADA SMAN 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WIWIK MAHARANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh penerapan kombinasi model pembelajaran ARIAS dan kepala bernomor sama terhadap prestasi belajar pada materi pokok koloid di SMAN 6 Mataram. Jenis penelitian ini merupakan quasy eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini meliputi siswa kelas XI IPA SMAN 6 Mataram. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS dan kepala bernomor sama sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan Anacova. Hasil uji statistik Anacova Fhitung pada taraf signifikan 5% menunjukkan Fhitung (4,22) > Ftabel (3,96) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik dari penerapan model pembelajaran ARIAS dan kepala bernomor sama terhadap prestasi belajar kimia pada materi koloid siswa kelas XI IPA SMAN 6 Mataram tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model ARIAS, model kepala bernomor sama atau NHT dan materi koloid.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:05
Last Modified: 02 Apr 2020 03:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15629

Actions (login required)

View Item View Item