PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI RELASI DAN FUNGSI BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NURUL ISLAM SEKARBELA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

BAIQ PUJA DONNA, PUJA DONNA (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI RELASI DAN FUNGSI BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NURUL ISLAM SEKARBELA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1.SKRIPSI (BAIQ PUJA DONNA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis media visual terhadap kemampuan pemahaman materi relasi dan fungsi bagi peserta didik kelas VIII MTs Nurul Islam Sekarbela tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Nurul Islam Sekarbela tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling yaitu peserta didik kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman materi relasi dan fungsi berbentuk uraian. Data dianalisis menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan uji effect size untuk mengetahui besar pengaruh/kontribusi dari model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model discovery leraning berbasis media visual adalah 73,83 dan 54,81 untuk peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa model discovery learning berbasis media visual berpengaruh secara signifikan dengan pengaruh yang dikategorikan tinggi yaitu 84% terhadap kemampuan pemahaman materi relasi dan fungsi bagi peserta didik kelas VIII MTs Nurul Islam Sekarbela tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : model discovery learning, media visual, kemampuan pemahaman.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2020 05:34
Last Modified: 16 Jun 2020 05:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15678

Actions (login required)

View Item View Item