“NILAI SOSIAL BUDAYA DAN PENDIDIKAN DALAM MAHAR PERNIKAHAN ADAT BANGSAWAN SASAK” (Studi di Desa Sukarara Lombok Tengah)

LALE, NAPISAH (2020) “NILAI SOSIAL BUDAYA DAN PENDIDIKAN DALAM MAHAR PERNIKAHAN ADAT BANGSAWAN SASAK” (Studi di Desa Sukarara Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui nilai sosial dalam mahar pernikahan adat bangsawan di Desa Sukarara, (2) untuk mengetahui nilai budaya dalam mahar pernikahan adat bangsawan sasak di Desa Sukarare, (3) untuk mengetahui bentuk nilai pendidikan dalam mahar pernikahan adat bangsawan sasak di Desa Sukarara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk nilai sosial dalam mahar pernikahan adat bangsawan berupa nilai material dan nonmaterial. Dimana nilai material tersebut dapat ditemukan dalam bentuk dan jumlah mahar. Sedangkan nilai nonmaterialnya ditemukan pada makna sosial yang terkandung dalam setiap bentuk mahar tersebut. Begitupun dengan bentuk nilai budaya dapat berupa nilai material dan nonmaterial. Nilai materialnya dapat ditemukan pada jumlah mahar. Sedangkan nilai nonmaterialnya dapat ditemukan pada makna dari segi budaya dalam setiap bentuk dan jumlah mahartersebut. Sedangkan nilai pendidikan dalam mahar pernikahan adat bangsawan sasak berupa nilai material dan nonmaterial. Nilai material ditemukan pada pengaruh tingkat pendidikan perempuan dalam penentuan jumlah mahar sedangkan nilai nonmaterialnya ditemukan pada kriteria penentuan jumlah mahar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Mahar, sosial, budaya, pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2020 05:36
Last Modified: 16 Jun 2020 05:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15683

Actions (login required)

View Item View Item