PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIIIPADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI MTs NEGERI 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nurhayatun, Nupus (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIIIPADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI MTs NEGERI 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.1-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan siswa yang memperoleh pembelajaran denganmodel pembelajaran langsung dan (2) mengetahui seberapa besar peningkatankemampuan komunikasi matematis siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen. Banyak siswa masing-masing kelas adalah 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: RPP,lembar observasi kegiatan guru, dan tes kemampuan komunikasi matematis berupa soal uraian. Tes kemampuan komunikasi metamatis dibedakan menjadi dua yaitu soal pretest dan soal posttest.Setelah dilaksanakan proses pembelajaran baik dikelas eksperimen maupun kelas kontrol dengan perlakuan yang berbeda dapat diketahui bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Hasil analisis data peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dapat dilihat dari rerata N-gainpada kelas eksperimen yang berkategori tinggi dan rerata pada kelas kontrol yang berkategorirendah. Dengan demikian dapat diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di MTsN 1 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Penerapan model permbelajaran kooperatif tipe talking stick yang menuntut siswa harus aktif mengharuskan guru dapat mengontrol proses pembelajaran agar lebih kondusif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci:kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran kooperatif tipe talking stick
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jun 2020 04:28
Last Modified: 17 Jun 2020 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15686

Actions (login required)

View Item View Item